KEGIATAN

Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (SPM-PT) adalah instrumen untuk meningkatkan standar dan mutu penyelenggaraan perguruan tinggi. Dalam pelaksanaannya, SPM-PT dilakukan secara bertahap, terstruktur dan berkelanjutan. Untuk memenuhi tuntutan stakeholders yang senantiasa meningkat, maka standar dan pelayanan perguruan tinggi pun harus selalu meningkat dan tidak pernah berakhir (continuous quality improvement). Dengan demikian, untuk menjawab tuntutan stakeholders yang senantiasa meningkat tersebut Universitas Pattimura menerapkan dan mengembangkan Sistem Penjaminan Mutu Internal Universitas Pattimura (SPMI-UNPATTI) yang berbentuk siklus terdiri dari : Standar – Pelaksanaan – Monitoring – Evaluasi Diri – Audit Mutu Internal – Rumusan Koreksi -Peningkatan Standar.

Siklus tersebut merupakan sistem dan untuk melaksanakan SPMI-UNPATTI tidak cukup hanya paham tentang sistem namun perlu menguasai knowledge   dan skills yang berisi uraian bagaimana melaksanakan siklus SPMI-UNPATTI dengan baik. Karena pentingnya knowledge dan skills dalam mengimplementasikan satu siklus SPMI-UNPATTI, Kantor Penjaminan Mutu UNPATTI menerbitkan buku panduan ini yang berisi :

1)    Panduan Pelaksanaan dan Monitoring SPMI-UNPATTI

2)    Panduan Evaluasi Diri

3)    Panduan Audit Mutu Internal (AMI)

4)    Panduan Penyusunan Rumusan Koreksi dan PeningkatanMutu SPMI

5)    Panduan Benchmarking.

Meskipun buku panduan ini telah berada di tangan para pelaksana penjaminan mutu, namun dalam pelaksanaannya masih diperlukan upaya-upaya kreatif sehingga pelaksanaan satu siklus SPMI-UNPATTI sesuai dengan budaya dan potensi Fakultas, Program Pascasarjana, Jurusan/Bagian maupun Program Studi. Diharapkan pelaksanaan satu siklus SPMI-UNPATTI pada tahun-tahun berikutnya akan berjalan lebih baik dari tahun sebelumnya.