SIKLUS 2 AUDIT MUTU AKADEMIK INTERNAL UNPATTI OKTOBER 2015

Kantor Penjaminan Mutu Universitas Pattimura pada Bulan Oktober 2015 kembali melaksanakan Implementasi Satu Siklus yang ke 2 Audit Mutu Akademik Internal level Fakultas/PPs dan Program Studi
Pada Level Fakultas pelaksanaannya pada 5 – 20 Oktober 2015, sementara pada level program studi dilaksanakan pada 19 – 23 Oktober dengan melibatkan sejumlah Auditor Mutu Akademik Internal Universitas Pattimura.
Pelaksanaan audit di maksud bertujuan untuk mengaudit kepatuhan/ketaatan penjaminan mutu internal Fakultas/PPs terhadap Kebijakan SPMI, Standar SPMI, Peraturan SPMI, dan Manual Mutu, Manual Prosedur, Manual Prosedur Implementasi Satu Siklus SPMI. Selain itu, dari audit yang dilaksanakan ini untuk menjaga/mengendalikan kesesuaian arah dan pelaksanaan penjaminan mutu internal Fakultas/PPs terhadap Kebijakan SPMI, Standar SPMI, Peraturan SPMI, Manual Mutu dan Manual Prosedur serta Manual Prosedur Implementasi Satu Siklus SPMI.

AUDIT-MUTU-1

Atas tujuan itu maka dilakukan audit dengan Lingkup Audit tentang keberadaan organisasi SPMI di tingkat Fakultas apakah tetap berjalan sesuai dengan Manual Mutu, dan dalam upaya peningkatan mutu apakah temuan pada siklus 1 yang tertuang dalam PTK telah ditindak lanjuti auditee dan di implementasikan. Untuk itu keberadaan dokumen SPMI, dokumen mutu dan dokumen Audit/PTK pada siklus 1 merupakan salah satu point yang akan di evaluasi.

Para Auditee level Fakultas/PPs menerima dengan baik pelaksanaan auditing kali ini. Diharapkan dengan temuan-temuan oleh auditor maka upaya pembenahan, perbaikan sebagai implementasi best practices guna pengendalian dan peningkatan mutu kearah standar mutu yang telah disepakati dapat teroptimalkan.

Beberapa hari sebelumnya yakni pada 7-8 Oktober bertempat di Gedung Rektorat Lt. IV dilaksanakan Desk Evaluation atas dokumen Monev Pembelajaran Program Studi/Jurusan/Bagian masing-masing Fakultas dan PPss, oleh para Auditor Mutu Akademik Internal yang berasal dari seluruh program studi. Desk Evaluation dimaksud untuk melihat praktek baik bidang pembelajaran semester Genap TA 2014/2015 oleh tiap prodi/jurusan/bagian baik pada program sarjana maupun magister. Para Auditor dalam melaksanakan Desk Evaluation diwarnai dengan diskusi dan masukan saran bagi pengembangan checklist yang di buat tiap peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *